Selasa, 22 November 2011

Shinkansen, the World Fastest Train in the World


Shinkansen (sering disebut kereta peluru) adalah kereta api cepat Jepang yang dioperasikan oleh empat perusahaan dalam grup Japan Railways. Kereta ini merupakan sarana utama transportasi antar kota di Jepang selain pesawat terbang.

Nama Shinkansen sebenarnya adalah nama jalur kereta apinya dan shinkansen train adalah kereta apinya . Namun di luar Jepang shinkansen adalah kereta apinya sebagai penyebutan yang lebih gampang untuk diperbincangkan.

Pertama kali dioperasikan pada 1 Oktober 1964 untuk menyambut Olympiade Tokyo. Pelayanan kereta api ini menjadi sangat sukses dan menjadi sarana utama dengan catatn rekor telah melayani satu milyar penumpang pada tahun 1976.

Ketepatan jadwal shinkansen luar biasa, pada tahun 2003 selisih jadwal operasi kereta hanya berbeda 0,1 menit atau sekitar enam detik saja dari waktu yang telah dijadwalkan, yang dihitung  dari semua jadwal kereta api di Jepang sekitar 160.000 perjalanan   

Tidak ada kecelakaan yang berakibat fatal dalam pengoperasiannya sejak lebih dari 40 tahun yang lalu.Hanya kecelakaan teknis kecil seperti terjepit pintu kereta atau ada percobaan bunuh diri orang jepang.

Keamanan dari kecelakaan terhadap gempa bumi digunakan fastech 360 dimana bila kereta mendeteksi adanya gempa bumi maka rem penahan angin akan bekerja dengan sendirinya untuk menurunkan kecepatan dan menghentikan kereta karena bila dalam kondisi melaju cepat goyangan sedikit membuat kereta terlempar.

Mulanya kereta api menggunakan teknologi linear motor car yang menghasilkan kecepatan 270 km/jam. Kecepatan ini terus bertambah. Dan dalam pengembangan terakhir menggunakan teknologi Magnetic Levitation yang telah memecahkan rekor dunia tercepat yakni 581 km/jam dalam uji coba prototipenya.

Berikut video kereta api ujicoba terbaru




Tidak ada komentar:

Posting Komentar