Jumat, 16 Desember 2011

Stratolaunch System, sebuah inovasi teknologi

Stratolaunch System adalah sebuah perusahaan swasta amerika serikat yang bergerak di bidang antariksa dengan menawarkan produk jasa komersial berupa perjalan ke orbit bumi dengan menggunakan pesawat terbang yang digabungkan dengan roket untuk membawa 'benda' ke angkasa.

Metode ini adalah implementasi dari gagasan para ex ilmuwan nasa untuk mengembangkan peluncuran menjadi lebih murah dan efisien. tidak memerlukan roket yang besar dan take off seperti pesawat komersial konvensional namun bisa membawa barang bawaan misalnya satelit untuk ditempatkan di orbit bumi. Pesawat itu bisa mendarat kembali ke bumi dengan mudah dan dapat dioperasikan kembali untuk misi selanjutnya.

Keuntungannya adalah penerbangan ini dapat dilakukan kapan saja karena tidak membutuhkan persiapan sebagaimana peluncuran roket misi antariksa yang ada. Cukup sederhana dan efektif.Tentu saja biaya menjadi dapat ditekan sekecil mungkin sehingga memungkinkan pula dapat membawa penumpang/turis ke orbit sekedar untuk 'berjalan-jalan' di antariksa.

Komponen penting dari Penerbangan Stratolaunch System ini terdiri dari tiga bagian :
1. Pesawat pengangkut, dikembangkan oleh Scaled Composite.
2. Multi stage Booster, dikembangkan oleh Elon Musk's Space Exploration Technologis.
3. System penyelarasan dan integrasi antara pesawat pengangkut dan booster , dikerjakan oleh Dynetics.

System ini diklaim sangat aman dan dapat dioperasikan jauh lebih mudah dari pada stasiun peluncuran angkasa yang ada.



Video penerbangan Stratolaunch System



Stratolaunch System Press conference


Tidak ada komentar:

Posting Komentar